Rabu, 26 September 2012

3 Strategi Dasar Dalam Pembelajaran



Strategi pembelajaran merupakan hal yang perlu diperhatikan guru dalamm proses pembelajaran. Paling tidak ada tiga jenis strategi yang berkaitan dengan pembelajaran, yakni (1) strategi pengorganisasian pembelajaran. (2) strategi penyampaian pembelajaran, dan (3) strategi pengelolaan pembelajaran.
1.      Strategi Pengorganisasian Pengajaran.
Strategi mengorganisasi isi pengajaran disebut oleh Reigeluth, Bunderson, dan Merrill (1977) sebagai structural strategi, yang mengacu pada cara untuk membuat urutan (sequencing) dan mensintesis (symthesizing) fakta, konsep, prosedur, dan prinsip yang berkaitan. Sequencing mengacu pada pembuatan urutan penyajian isi bidang studi, dan synthesizing mengacu pada upaya untuk menunjukkan kepada siswa keterkaitan antara fakta, konsep, prosedur, atau prinsip yang terkandung dalam suatu bidang studi.
Pengorganisasian pengajaran secara khusus, merupakan fase yang amat penting dalam rancangan pengajaran. Synthesizing akan membuat topik-topik dalam membuat suatu bidang studi menjadi lebih bermakna bagi siswa (Ausubel, 1968), yaitu dengan menunjukkan bagaimana topik-topik itu terkait dengan keseluruhan isi bidang studi. Kebermaknaan ini akan menyebabkan siswa memilki retensi yang lebih baik dan lebih lama terhadap topik-topik yang dipelajari. Sequencing, atau penataan urutan, juga penting, karena umat diperlukan dalam pembuatan sintesis. Sintesis yang efektif hanya dapat dibuat bila isi telah ditata dengan cara tertentu, dan yang lebih penting, karena pada hakikatnya, semua isi bidang studi memilki prasyaratan belajar.   
2.      Strategi Penyampain Pembelajaran
Strategi penyampain isi pembelajaran pembelajaran merupakan komponen variable metode untuk melaksanakan proses pembelajaran. Sekurang-kurangnya ada 2 fungsi dari strategi ini, yaitu (1) menyampaikan isi pesan kepada  si pelajara, dan (2) menyediakan informasi atau bahan-bahan yang diperlukan siswa untuk menampilkan unjuk kerja. Contoh seperti latihan tes.
3.      Strategi Pengelolaan Pembelajaran
Strategi pengelolaan pembelajaran merupakan komponen variable metode yang berurusan dengan bagaimana menata interaksi antara si belajar dengan variable metode pembelajaran lainnya. Strategi ini berkaitan dengan pengambilan keputusan tentang strategi pengorganisasian dan strategi penyampain mana yang digunakan dalam proses pembelajaran. Paling tidak ada 3 klasifikasi penting variable strategi pengelolaan, yaitu penjadwalan pembuatan, catatan kemajuan belajar siswa, dan motivasi
  Istilah strategi sering digunakan dalam banyak konteks dengan maknayang tidak selalu sama. Dalam konteks pembelajaran dengan strategi bias diartikan sebagai suatu pola umum tindakan tim-peserta didik dalam menifestasi aktivitas pembelajaran. Sifat Umum pola itu berarti bahwa macam-macam dan sekuensi (uratan) tindakan yang dimaksud nampak digunakan/diperagakan guru-peserta didik pada berbagai ragam events pembelajaran. Dengan kata lain, konsep strategi dalam konteks ini dimaksudkan untuk menunjuk pada karakteristik abstrak serangkaian tindakan guru peserta didik dalam events pembelajaran.
Secara tersirat dibalik karakteristik abstrak itu terdapat perbedaan rasional antara strategi yang satu dengan strategi lainnya secara fundamental/mendasar. Joyce dan Weil (1971) dalam “Models of Teaching” lebih senang memakai istilah model-model mengajar dari pada menggunakan strategi pembelajaran. Adapun serangkaian tindakan guru-peserta didik dalam suatu event pembelajaran actual tertentu, disebut prosedur pembelajaran.
Adapun desain pembelajaran, adalah penetapan cetak itu terhadap sesuatu yang akan dibangun. Penentuan satu atau lebih model rumah dari berbagai tipe/mode bangunan rumah, beserta mempersiapkan bahan-bahan atau segala hal yang diperlukan dan penentuan prosedur/langkah-langkah pelaksanaanya, hingga penyelesaian akhir.
 

1 komentar:

  1. Terimakasih untuk informasinya ya, bermanfaat banget.
    Oh ya, sekedar nambahin informasi aja nih. Bagi yang membutuhkan Penyewaan AC untuk keperluan berbagai acara seperti konser, pernikahan, meetup, atau lainnya bisa coba hubungi kami Arthur Teknik. Dengan senang hati, kami akan siap membantu Anda.

    Terimakasih lagi min,
    Salam blogger.

    BalasHapus