Senin, 08 Oktober 2012

5 Manfaat Olahraga

Moto rajin berolahraga itu menyehatkan tidak asing lagi bagi Anda. Berikut ini mungkin cuma mengingatkan akan lima manfaat olaraga yang bisa membuat hidup Anda lebih berarti: 

1. Panjang Umur
Jika Anda berkeinginan melihat anak dan cucu tumbuh besar dan dewasa dalam kondisi sehat, maka mulai berolahraga saat ini. Rajin berolahraga bisa memanjangkan kromoson telomer DNA, alhasil, saat umur bertambah dan tubuh Anda tetap sehat dan bugar. 


2. Terhindar Penyakit Pikun
Membiasakan diri rutin berolahraga bisa menurunkan risiko penyakit Alzheimer pada orang lanjut usia. Penelitian Ilmuwan Jepang menemukan sekelompok orang dewasa yang lebih banyak duduk diam, diminta untuk mengikuti kelas aerobik selama empat bulan. Hasilnya, data MRI menunjukkan para sukarelawan menjadi tidak mudah lupa.

3. Jarang Sakit
Berolahraga secara rutin juga sangat disarankan bagi wanita berusia 50 tahun ke atas terutama penderita obesitas. Setelah mengubah gaya hidup dengan olahraga rutin selama satu tahun, kadar protein C-Reaktif PCR penyebab penyakit hati menurun sebanyak sepuluh persen. 

4. Anti Kanker Payudara
Riset membuktikan berolahraga rutin bisa mengurangi resiko terserang penyakit kanker payudara terutama bagi wanita berbobot badan lebih. Bahkan, berolahraga lebih dari tiga jam seminggu bisa mengurangi risiko kematian sebesar 47 persen bagi penderitanya. 

5. Malas Merokok
Rajin berolahraga dapat membantu Anda menghilangkan kebiasaan buruk merokok. Hasil riset menemukkan perokok yang rutin bersepeda selama lebih dari 15 menit, akan kehilangan selera merokok mereka. Alhasil, Anda tidak mudah tergoda meski ditawari rokok gratis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar